kakak

Suatu siang sekitar pukul dua belas, aku ditemani oleh adik duduk di belakang kemudi mobil yang tetap aku nyalakan mesinnya agar pendingin bisa menyejukkan kabin.  Sudah sejak dua hari lalu kakak mengikuti kegiatan seleksi pemilihan anggota OSIS di sekolahnya di luar kota.

Sesuai dengan surat edaran dari sekolahnya yang berisi daftar kegiatan mereka, hari ini jam dua belas siang mereka akan sampai kembali ke sekolah. Aku tidak sendirian, banyak orang tua murid juga menjemput anak-anak mereka. Para orang tua yang baru saling mengenal berusaha saling mendekatkan diri dengan mengobrol bersama.

Tidak lama kemudian terlihat sebuah truk bak terbuka polisi dengan tertutup kain terpal di bagian bak terbukanya memasuki halaman sekolah, kemudian diikuti oleh tiga buah truk serupa. Dari truk-truk yang berhenti berjajar persis di depan pintu masuk sekolah, berloncatan anak-anak dengan seragam putih birunya berkalung kain segi tiga berwarna jingga menyala. Iya, mereka adalah anak-anak yang terpilih menjadi anggota OSIS setelah mengikuti kegiatan seleksi.

Aku memperhatikan dengan seksama satu persatu anak-anak yang berloncatan itu, dan akhirnya aku melihat kakak meloncat turun dari truk menggunakan seragam dan kain jingga menyala melilit lehernya.

Pada waktu itu kakak duduk di kelas satu SMP, baru sekitar 3 bulan itu kakak duduk di bangku SMP. Kakak terlihat sudah menjadi anak besar dengan seragam putih birunya, dikalungi kain jingga menyala, menyandang ransel besar dan turun meloncat dari truk bak terbuka !

Aku terharu meilhatnya, bersyukur, dengan segala cerita suka dan duka, aku mengantar seorang anak menapaki kehidupannya hingga dua belas tahun.

Kejadian itu terjadi sekitar enam tahun yang lalu, dan sekarang sesudah lewat enam tahun kemudian kakak sedang menghadapi ujian akhir SMA. Waktu berlalu begitu cepat, dalam waktu enam tahun kehidupannya, macam cerita kehidupan yang dilaluinya amat beragam, cerita kehidupan yang harus dilaluinya akibat dari konsekuensi yang ditanggungnya sebagai seorang anak. Tetapi dengan ketegarannya kakak berhasil menyelesaikan masa sekolahnya tepat waktu.

Semoga kakak berhasil dengan baik mengakhiri masa SMAnya dan semoga kakak mendapatkan bangku perguruan tinggi sesuai dengan jurusan yang diinginkannya.

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

10 responses to “kakak

  • silent reader

    Amin…
    Mbak Ami, apakah menjadi orang tua, sering tergugah dan terharu pada hal kecil seperti, lompat dari truk, akan anaknya?
    ***
    kalau aku iya, karena aku mengurus sendiri anak2 jadi tahu betul perkembangan mereka. membayangkan dia masih harus dibantu ketika turun dari kursi saat umur setahun, dan waktu itu melihat dia tanpa bantuan melompat dari truk setinggi itu, hehehe sepele yaaa tapi tetap mengharukan

  • ciwir

    amin…
    ***
    🙂

  • Ade Truna

    Saya juga terharu, begitu terjadi hal sepele seperti anak2 menyambut depan pintu sambil teriak, “Papa!!! sini di suuun…” atau mereka pamer kemampuan menari dan bernyanyi mirip idolanya sesaat setelah menontonnya di televisi. Salam kenal bu…:D
    ***
    hehe bisa mengerti rasanya ya pak. salam kenal kembali 🙂

  • endar

    semoga lulus ujian dan diterima di pt yang diharapkan ya mbak. waktu sampean juga merasakan waktu berjalan cepat sekali ya mbak, saya kira hanya saya yang merasakan.. hehehe
    ***
    waah tenan kang, ngga terasa waktu berlalu dengan cepat 🙂

  • omagus

    selaraskan dengan keinginannya..!
    ***
    siyaap !! pilihan sudah seusai keinginan dia kang, semoga diterima

  • edda

    Aminn.. Trut mendoakan jg 😀
    ***
    terima kasih yaaa

  • Andy MSE

    semoga tercita cape-capenya…
    eh, tercape cita-citanya, xixixi
    ***
    he eh memang mencapekan kok bercita-cita itu wkwkwkwk

  • Ceritaeka

    Mbak… udh pengumuman kan?
    Gimana mbak?
    Lulus kan?
    Dan.. kuliah dimana?
    Maaf kmrn yg di BDG eka gak bisa ikutan mbak…
    ***
    udaaaah ka, berkat doa semuanya kakak udah selesai smanya.
    sekarang sedang tunggu pengumuman perguruan tinggi ka.
    iya loh sayang eka ngga ikutan ya 😦

  • dodi ichwana

    salam kenal……
    kunjungi juga ya situs ini juga blog saya di ichwana.blogdetik.com dan di blog.unand.ac.id/ichwana
    terima kasih….
    ***
    salam kenal kembali. okee nanti saya berkunjung. terima kasih

Tinggalkan komentar