terlukanya hati

15 juni 2009

10.05pm

Tidak ada bekas pukulan yang terlihat, kebutuhan materi yang terpenuhi, tetapi hati yang luka tercabik-cabik, merupakan bentuk kekerasan di dalam rumah tangga yang masih banyak terjadi disekitar kita. Tetapi karena luka yang timbul tidak secara nyata terlihat, maka sering kali bentuk kekerasan emosional ini tidak mendapatkan perhatian.

Dalam kasus perceraian, kekerasan emosional adalah alasan terlemah untuk mendapatkan legitimasi bercerai dibandingkan dengan kekerasan fisik ataupun terbengkalainya pemenuhan biaya hidup.

Di dalam kasus perceraian juga dibutuhkan bukti untuk menguatkan alasan bercerai. Kasus perceraian yang diakibatkan oleh kekerasan emosional ini pembuktiannya dilakukan dengan mendatangkan saksi, yang itupun terkadang sulit dihadirkan karena terjadinya kekerasan seringkali pada saat tidak ada kehadiran orang ke tiga.

Bentuk kekerasan emosional yang sering terjadi adalah, terlontarnya kata2 kasar, kata2 hinaan, kata2 merendahkan, juga perlakuan yang tidak menempatkan pasangan sebagai teman hidup.

Akibat dari kekerasan emosional adalah hilangnya rasa percaya diri hingga hilangnya rasa cinta kepada pasangan, yang mengakibatkan hubungan menjadi renggang bahkan hambar. Akibat dari kekerasan emosional inilah yang paling bisa disembunyikan dari pandangan orang lain dibandingkan dengan akibat dari kekerasan fisik dimana kefatalan akibat kekerasan emosional sama beratnya dengan kekerasan fisik. Trauma yang ditimbulkan tidak lebih ringan.

Adalah hak setiap insan tanpa perbedaan jenis kelamin untuk hidup tanpa rasa tertekan dan ketakutan.

Hargailah orang lain seperti kita ingin dihargai oleh orang lain, quote ini mungkin bisa mengingatkan untuk selalu sadar memperlakukan pasangan kita dengan sebaik-baiknya.

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

7 responses to “terlukanya hati

  • galuharya

    aku akan sangat selalu mencinta mbokne galuh sampek kapan pun mbakyu

    terima kasih atas sentilannya
    ***
    iya kang, itu yang terbaik

  • Eka Situmorang-Sir

    Memilih pasangan hidup yang tepat dengan proses seleksi yang ketat adalaha langkah awal menghindari KDRT baik fisik maupun mental.

    Namun sekiranya hal itu terjadi, mari kembali kepada sang pemberi hidup itu sendiri. Bukankah setiap kita adalah ciptaanNYA, maka jika menyakiti ciptaan Tuhan melalui kata atau tangan berarti menyakiti hati sang Pencipta juga?

    Saya sedih jika melihat atau mendengar kasus ini, dan saya tidak mau menjudge yg salah sang wanita atau pria. Karena bisa saja sang pria akhirnya memukul karena terprovokasi makian2 sang wanita demikian juga sebaliknya.

    Oleh karena itu, suka banget deh sama endingnya mbak AMI…
    Menhargai orang lain seperti kita ingin dihargai oleh orang lain, dan memperlakukan pasangan kita dengan sebaik-baiknya.

    salam, EKA
    ***
    iya ka, sepertinya itu salah satu cara agar kita tidak menyakiti pasangan kita ya

  • dyahsuminar

    Apa kabar mbak Ami ?? kok tulisannya sendu sekali ??
    Memang LUKA HATI tak ada yang tahu…tapi ,kalau dicermati…orang2 yang dalam hidupnya ada tekanan,luka hati…lihatlah…sorot mata dan raut wajahnya…pasti terlihat kalau tidak bahagia….kalau bicara nampak tak percaya diri,takut salah..
    ***
    bundaaa, sudah ada tulisan baru? iya betul, biasanya sorot mata tidak bisa berbohong ya bunda

  • gajah_pesing

    kalo terluka, isa di rawat kok lukanya…
    caranya? liata aja di blogku ada tutorial tentang merawat luka
    ***
    termasuk luka hati ya?

  • itempoeti

    disitulah pentingnya untuk saling ingat mengingatkan… tentu dengan penuh kesabaran dan cinta kasih…
    ***
    saling mengingatkan dan saling menghargai ya

  • senoaji

    mulut dan hati walaupun jaraknya begitu jauh, tapi jelas ketika bermusuhan akan terasa sekali makna balas dendamnya, perlu perluasan bijaksana dalam hati untuk bisa meredam sakit
    ***
    lebih baik lagi untuk tidak menyakiti hati pasangan ya kang

  • tigaw

    kadang manusia lupa kalau diciptakan sama bu….
    untuk komputer dirumah selalu bermasalah bu bila buka blognnya ibu selalu minta di download padahal kan tidak ada yang perlu didownlaod tempatnya ibu….
    tapi kalau komputer kantor ndak masalah… takutnya blog ibu dah mulai dimasukin virus juga.
    ini cuma insting aja lho bu hehehehe…
    slamt pagi bu…. salam sama keluarga semuanya
    ***
    waaah blog ada virusnya?? ntar coba saya selidiki dulu😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: