ilmu curang

2 juni 2009
7.50pm

‘Ma jangan pilih JK soalnya dia menyetujui unas’.

Si kakak pernah mengatakan seperti itu padaku beberapa bulan yang lalu pada saat mulai terdengar kabar JK akan menjadi capres usungan Golkar.

Ternyata memang sekarang ini terbukti bahwa unas merupakan ajang mempertebal kepandaian bermain curang ! bukannya para pendidik mengajarkan pada anak didiknya untuk belajar lebih tekun, atau ya hadapilah kenyataan bahwa memang hasil evaluasi proses ajar mengajar disekolahnya belum optimal dan bersama2 memperbaiki mutu ajar mengajarnya, Eeeeeh malahan dengan entengnya mencari jalan pintas untuk mendapatkan angka kelulusan.

Apakah tidak mungkin, hasil evaluasi yang terindeks begitu parahnya merupakan indikasi bahwa proses ajar mengajar yang selama ini dilaksanakan sebanding keparahannya.

Apakah tidak bisa, tenaga, pikiran dan biaya yang digunakan untuk mengadakan pemila pemilu dialihkan untuk menemukan metoda ajar mengajar yang sesuai dengan budaya dan kepribadian bangsa dan berorientasi pada kematangan anak didik untuk menghadapi persoalan dunia yang makin beragam ini.

Bagaimana bisa anak2 kita bersaing mempertahankan dirinya -nggak usah muluk2 mempertahankan kedaulatan negara lah- terhadap gempuran masuknya pihak2 asing kalau baru di tingkat menengah atas saja, para pendidik dan pengajar menurunkan ilmu kecurangan!! sekedar untuk membuktikan bahwa sekolah mereka memenuhi standar evaluasi nasional.

Sudah, cukup sekian, makin panjang nulisnya, bakal makin banyak tanda serunya !!!

links :

Gagalnya Sebuah Negara

Haramkanlah UAN

Ujian Akhir Nasional 2009

Hasil Ujian Nasional 2009

Prahara Kembali Mengintai Dunia Pendidikan

Pendidikan Itu Hak

Obrolan Sore : Gawat!

Nilai Tinggi, Harga Mati

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

29 responses to “ilmu curang

  • gajah_pesing

    Haramkan UN!
    ***
    he eh NU !! eeeeh UN

  • LuxsmAn

    GAnyANg malaysia atau diganyang malaysia??????

    (aku pakai tanda tanya, bukan tanda seru)
    ***
    akueh men tanda tanyane !!!๐Ÿ˜€

  • senoaji

    weleh! weleh! dari! dulu! kok! pendidikan! gak! selalu! beres! ntah! buat! iklan! pemilu! atau! pun! untuk! ajang! pengawetan! ladang! balik! modal!
    ***
    hlooo kandhani ojok nambah pentungan !!!! kok

  • itempoeti

    yaaa…
    nilai2 budi pekerti tidak lagi punya tempat dalam sistem pendidikan kita…
    ***
    curang kok masuk budi pekerti, eeeeh salah yo

  • ciwir

    UNAS itu bukan ukuran…
    lha mmosok wong papua diadu sama orang jawa?
    yo kalah cerdase…
    ***
    mangkanya kang kudu ditemokke metoda sing cocok karo negoro kepulauan ngene iki

  • endar

    dulu guru saya mengajar di malaysia, sekarang dosen dosen kita bangga belajar di sana. (ngeplak_bathuk)
    ***
    duuh kasian kita ya

  • WANDI thok

    Itulah kenyataannya bang. Lalu apa tindakan kita sebaiknya?
    ***
    intern saya mengingatkan anak2 untuk bermain bersih kang. kalau secara nasional, opo gunane anggota dpr dan para pemimpin tampuk pemerintahan dibayar pake duit rakyat?? tugas mereka lah

  • cahsholeh

    rupanya cukup banyak guru yang menurunkan ilmu politik… hehehe…
    *tepatnya taktik-politik-main-kayu*
    ***
    lempar dan kepruk kayu kang๐Ÿ˜ฆ

  • suryaden

    tidak mudah percaya dan membagi tanggungjawab, sehingga semua banyak yang di sentralisasi, mungkin karena masih adanya budaya feodal keblasuk serta keinginan untuk selalu mengusai…. sudah bukan jamannya lagi bukan…
    ***
    ngga jamannya lagi

  • Pradna

    Biar aja tetep curang…
    bayangkin, jutaan penduduk endonesiah ahli kecurangan…wuah, bakal jadi negara dengan ahli taktik dan strategy terbesar sak jagad-dewa-batara (ndevil)
    ***
    calon pemimpin yang dicari nih, membiarkan kecurangan (ndevil pisan )๐Ÿ˜€

  • xitalho

    pingin nggawe bimbingan belajar cara curang mengatasi UAN..

    Pelajarane mbulet wae seputar tips & tricks curang alias kumpulan cheat UN
    ***
    hahaha payu pasti, nyaingi cheat game

  • ajengkol

    Saya kebetulan seorang pengajar tapi tetap saja merasa sedih melihat potret pendidikan kita mbakyu
    ***
    duuuh maap, bukan maksudku… ngga semua pengajar seperti itu kan mbak

  • Ujian Akhir Nasional 2009 - Prita Mulyasari vs RS Omni Internasional, Tangerang | itempoeti

    […] dari mereka yang masygul atas nasib bangsa ini : ilmu curang Haramkanlah UAN Ujian Akhir Nasional 2009 ;Hasil Ujian Nasional 2009 Prahara Kembali Maengintai […]

  • buJaNG

    Weleh-weleh… Masih rame tentang UN ya….?
    ***
    ruame buanget kang

  • p u a k

    ho-oh..mbak, jgn kepanjangan.. malah pusing sendiri ntar!
    Wis lah.. maunya gimana pemerintah aja.. mereka lagi sibuk promosi diri.. begian mah, nanti aja katanya..๐Ÿ˜‰
    ***
    he eh segitu aja tongkatnya dah 3, kalo dipanjangin lagi bisa makin banyak!

  • mercuryfalling

    iya iya jangan contreng JK ๐Ÿ˜›
    ***
    saran dari si kakak tuh dian๐Ÿ˜€

  • Obrolan Sore : Gawat! « Pradna’s Corner

    […] terkait : * Nilai Tinggi, Harga Mati * Haramkanlah uan * Ilmu Curang * Gagalnya Sebuah Negara * Satu Lagi Korban UU ITE […]

  • sawali tuhusetya

    hehe …. UN telah jadi komoditi pencitraan bagi pejabat, bukan murni utk mencerdaskan siswa didik. kalau tak ada perubahan, UN hanya akan melahirkan generasi bebal!
    ***
    wah selain curang, juga bebal ya kang

  • galuharya

    gimana bisa SDM kita maju kalau metode ajar mengajar masih carut marut begini

    negoro kok permasalahane komplikasi koyo ngene tho yo yo !!!
    ***
    melas tenan pancene wong endonesa yo kang

  • Rahasia Search Engine

    beginilah negara indonesia…
    ga akan maju klo bibit2nya selalu dirasuki hal2 yg negatif…
    kita sebagai orang tua juga harus bisa memberikan contoh n mengawasi sistem ajar mengajar…
    tugas mendidik anak bukan hanya oleh badan pemerintahan…
    tetapi kita selaku orang yg paling dekat,sanagat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak…

    so…berikanlah contoh sebaik mungkin…
    agar kelak anak kita bisa merubah segalaketerpurukan bangsa menjadi kebangkitan…amin…

    nice post mas…
    lam kenal jga yah๐Ÿ˜€
    ***
    amin, betul sekali orang tua menjadi panutan utama anak2nya.
    salam kenal kembali kang๐Ÿ˜€

  • Eka Situmorang-Sir

    Ini topik yang gak ada habisnya dari pertama kali UN dilaksanakan mbak…
    ***
    he eh kali ini berkepentingan, karena tahun depan si kakak kelas 12 ka๐Ÿ˜€

  • superaman

    standarisasi evaluasi tanpa standarisasi fasilitas, apa itu mungkin?
    ***
    itulah makanya disesuaikan dengan negara ini kang. standarisasi per propinsi atau apa, ngga ngerti saya. ada lembaga perwakilan rakyat apa iya kita masih harus ikut nyari2 solusinya. mereka kan dibayar

  • JAUHDIMATA

    Kormersialisasi dan liberalisasi pendidikan terbukti berdampak jelek pada mutu dan kwalitas pendindikan.
    ki awake dewe sing rung siyap po pancen ra cocok ngge negoro iki.
    mugu-mugo ndang digolekke solusi sing apek. ora nggur nguntungne wong-wong sing randuwe udel.
    ***
    stut kang, solusinya jelas yang mendidik anak2 kita menjadi baik bukannya malahan diajari main curang

  • nur ichsan

    minta mui za tuk haramkan UN…q juga pernah ngalamin waktu SMA dulu. banykan dari tmen2 bawa contekan(termasuk aku hehehe))
    ***
    dah umum sih, kenakalan masa sma๐Ÿ˜€

  • ernalilis

    Ami.. aku juga binun dgn kebijakan sekarang ini.. apalagi yang dingawi kalo gak salah.. kok bisa satu sekolah gak lulus semua. padahal sekolah negeri juga..
    ***
    katanya sih contekan jawabannya salah. gimana coba na

  • iburumpi

    trus kalo UN diharamkan yang halal apa dunk??? di negri ini kayaknya banyak yang haram dari yang halal deee…. sampe-sampe fesbuk pun diharamkan…. hehehe… menurut aq seh, benernya UN-nya gak salah, yang salah yah manusianya ajah… kan tetep harus ada standarisasi ujian pendidikan, mbak…
    ***
    sistem standarisasi pendidikan bernama lain un dengan akibat yang seperti sekarang ini yang tidak layak tayang mbak. pa kabar, lama ngga jumpa ya๐Ÿ˜€

  • wyd

    mungkin sistemnya yang harus dibenahi. bagaimana pun saya setuju adanya ‘keseragaman’ level pendidikan di berbagai daerah. itu yang sekarang sedang diprogramkan pemerintah. yah kira2 ntarnya (ntar… kapan ya?) pendidikan kita kayak di luar2 sana๐Ÿ™‚

    jadi kalau pindah dari satu daerah ke daerah lain, orang tua ga pusing mikir harus masuk ke sekolah mana, karena setiap daerah punya sekolah dg standar yang sama secara nasional.

    dan tentu sistem baru hanya bisa dijalankan kalau rakyat udah bisa mikir pendidikan dengan baik setelah perutnya terisi….

    komentar saya kepanjangan ga ya????
    ***
    hehehe enggak kepanjangan ibu. terima kasih kunjungannya

  • Sewa Projector Murah

    Maka dari itu siswa harus lebih giat belajar lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: