gusur

 

12 mei 2009

10.04pm

Pernah lihat nggak, satuan Satpol PP dengan truknya mengangkut gerobak dagangan atau becak yang mereka anggap telah menempati lokasi terlarang. Nasib seperti itu hampir saja terjadi terhadap outletku. Untungnya satuan Satpol PP datang pada pagi hari pada saat outlet belum dibuka dan gerobak dalam keadaan dirantai, sehingga mereka tidak jadi mengangkutnya dan oleh penjaga toko -dimana outletku terletak didepannya- disampaikan bahwa pemilik outlet sudah menerima surat panggilan dan akan menghadap pada hari itu juga sekitaran siang hari.

Ternyata outletku terletak di kawasan khusus, yaitu kawasan yang dijaga kerapian dan kebersihannya dengan cara tidak memperbolehkan pedagang kaki lima berjualan di kawasan tersebut. Karena outletku berbentuk gerobak yang memang harus terletak di tepi jalan dengan menggunakan konsep drive thru, jadi aku ini termasuk pedagang kaki lima, hehehe

Singkat cerita suamiku bertemu dengan komandan divisi … Satpol PP dan terjadilah negosiasi, yang mengharuskan relokasi dan untuk menempati lokasi baru yang terletak di luar kawasan khusus, tetap ditarik pungutan sebesar 100ribu rp setiap bulannya. Masih ditambah pungutan 300ribu rp yang berlaku untuk satu tahun dikarenakan di badan gerobak terdapat logo dan tulisan merk dagang. Pajak reklame lah.

Dengan meminta kebijaksanaan memberi waktu sehari dua untuk mencari lokasi baru, suamiku disertai tim survey dari kantor pusat –dalam 2 hari mereka telah datang kembali dari Surabaya- kemudian mencari lokasi baru yang tetap sesuai dengan syarat lokasi oleh franchisor.

Sekarang ini belum satu minggu outletku telah berpindah tempat di luar kawasan khusus tetapi masih terletak di dalam kota Cimahi.

Tidak hanya kang gajah pesing yang harus berhadapan dengan aparat, kami di Cimahi juga sempat harus berurusan dengan aparat.

Semoga ….

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

14 responses to “gusur

  • xitalho

    (doh) Padahal lagi pingin ngerasain kebabnya malah sudah pindah lagi…. Ojo adoh-adoh tho mbak..kuesel sikilku…
    ***
    cuedak kok karo panggonan awal. cuma lek diitung tekok batam yooo larang nang transport hehehehe

  • ekaria27

    Waduuuh mbak… I’m sorry to hear that.
    Moga lokasi yang baru bisa mendatangkan rejeki yang lebih baru lagi😉
    dan lebih banyak tentunya.
    Cimahi… saya tahunya pasar antri…
    dekatkah dengan kebab mbak ?
    ***
    amiiin. terima kasih ya doanya.
    *dahiku berkerut nih, dimana yaa pasar antri*. yang pasti lokasi baru ada di jalan akses utama dari bandung. eeeeh kapan maen ke bandung??

  • itempoeti

    kalau gak dari awal diwanti-wanti istri supaya sabar, mungkin penyelesaiannya bisa beda…

    tapi alhamdulillah semuanya bisa ‘diselesaikan’…

    Luv U so much Sweety… XOX.
    ***
    iya terselesaikan. XOX

  • dyahsuminar

    hmmm….bunda senyum senyum baca tulisan ini…
    satu sisi…hebat bener mbak Ami ini….semangat luar biasa untuk menjadi wirausaha…sisi lain….sewa kios saja mbak ,biar tentrem dan bisa berkembang…siapa tahu malah bisa menjadi Wara laba sukse…he..he…
    ***
    bunda saya baruuuu saja belajar bakulan jadi beraninya ambil paket franchise terkecil. mohon doanya ya bunda supaya berkembang dengan baik dan saya semakin berani melebarkan usaha ini dengan mengambil paket untuk indoor outlet yang artinya butuh sewa kios, bukan di emperan toko hehehehe. salam

  • lescaboma

    jadinya pindah kemana jeng?
    semoga di lokasi yang baru tambah sukses, laris, banyak pelanggan, berkah. amiiiinnn…
    ***
    amiiin, sepertinya memang makin baik ditempat yang baru. sekarang di gatsu. kapan nih ke cimahi?

  • kopral cepot

    kapan2 main ke gatsu ach..
    jadi ikut tegang ngebaca gusur menggusur
    btw “pasar antri” di samping Cimahi Mall, knp ngak di sana mbak? tapi gatsu oke juga .. selamat n sukses
    ***
    amin, selalu ditunggu di gatsu. pilihan lokasi yang bagus di cimahi tentu banyak ya kang. pada akhirnya rasa pas di hati ikut menentukan juga. begitulah, jadi pilihan jatuh di gatsu. begituuu

  • Retie

    waooo emang jualan apa tante?? kebab ya?? waaooo pengen!!! udah lama ngga makan kebab.
    ***
    yuuuuk ke gatsu di cimahi ….

  • p u a k™

    Yang penting semangatnya aja, mbak’e .. jangan putus asa.
    Siapa tahu tempat yang baru lebih membawa banyak rezeki.
    Untung mamase siap selalu.. hehehe *diketak!*
    ***
    sip, he eh digusur ke tempat yang lebih baik ya

  • annosmile

    memang PKL menjadi polemik di masyarakat dan di pemerintahan
    satu sisi PKL menjual makanan murah bagi para pembeli
    disatu sisi PKL merusak pemandangan kota
    ***
    betul, bagus juga ada kawasan khusus yang bebas pkl

  • suryaden

    kujawab disini…
    Ekonomi Kerakyatan
    ***
    bablas ke situ

  • senoaji

    Bweh! sik penting ono kesepakatan yang tidak merugikan baik dari aturan lokal atau para user

    iki copas pembicaraan malam itu BWAKAKKAAKKAKK!!
    ***
    woh malam itu?? kapan, dimana?? huehehehe

  • galuharya

    ironis memang mbak,

    disatu sisi melakukan tindakan untuk mempercantik kota *katanya*.
    namun di sisi yang lain,niat orang untuk mengais rejeki demi kehidupan yg lebih baik

    semoga solusinya tidak merugikan pihak manapun
    ***
    iya semoga kang

  • casual cutie

    kasian ya digusur…mereka kan cr makan…coba disiapin tempat gitu br ga merugikan mereka
    ***
    he eh mestinya begitu yaaa

  • ernalilis

    Amy.. aku jadi inget.. sembari jaga klinik aku sering bawa katalog ini-itu untuk temen-temen .. tiba-tiba beberapa tahun lalu diseluruh gedung dimana-mana ditempel kertas bertuliskan DILARANG BERJUALAN DALAM BENTUK APAPUN.. aku sih cuek saja. Aku merasa gak merugikan siapapun tapi yang kasihan para karyawan,(saat itu kebanyakan mereka honorer dengan gaji yang bener-bener tidak cukup untuk hidup.. ) mereka dipanggil pimpinan, dilarang bawa kue, minuman dan sejenisnya..
    Alhamdullillah.. ternyata semua hanya gertak sambal belaka..
    ***
    hlah kenapa ada gertak sambal segala na??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: