lokasi outlet


12 maret 2009

7.16am

It’s not that easy to find a place

Minggu lalu tim survey dari pihak franchise telah datang ke Bandung untuk membantuku menemukan lokasi yang dianggap pas sebagai penempatan outletnya.

Pertimbangan utamanya adalah mudah dijangkau, dapat terlihat dari beberapa angel, outdoor sedekat mungkin dengan jalan tetapi tidak di trotoar –untuk menghindari tibum-, terletak di daerah yang ramai.

Dengan mempertimbangakan beberapa hal, akhirnya aku memutuskan untuk membeli produk bukan seperti dikesepakatan awal disebabkan karena produk pada kesepakatan awal adalah produk baru yang masih membutuhkan pembentukan pengenalan produk dan pembiasaan konsumen merasakannya.

Tetapi dengan konsekuensi, outlet tidak dapat diletakkan di kota Bandung yang dianggap sudah mulai jenuh dengan adanya beberapa outlet yang sudah terlebih dahulu ada.

Tim survey akhirnya menemukan tempat –berdasarkan pertimbangan mereka lokasi tersebut strategis- di kota Cimahi.

Sesudah beberapa lama tinggal di Bandung, baru kali ini aku mengunjungi kota Cimahi. Waaah surprise, ternyata Cimahi sekarang adalah kota yang amat hidup dan sudah dimasuki brand2 makanan dari luar. Jalur lalu lintas Bandung Cimahi tidak pernah sepi hingga larut malam. Meskipun ciri2 sebuah kota kecil masih amat kental terlihat, tetapi sudah ada beberapa bagian kota yang di isi dengan bangunan dan tempat penjualan barang2 yang berciri khas kota besar.

Tugas tim survey adalah menjajagi hingga negosiasi harga sewa dengan pemilik lahan, dan aku sebagai franchisee menutup nego dengan membayar uang muka yang akan dilunasi pada saat grand opening outlet.

Seperti pada umumnya urusan sewa menyewa, sebagai pemilik lahan mereka menanyakan dan mengamati kami sebagai pihak penyewa. Meskipun mereka sudah mengiyakan apa yang dinegokan oleh tim survey, tetapi pada saat bertemu dengan kami –aku dan suami-, mereka tidak secara implicit mengatakan iya.

Sesuai dengan keinginan pihak pemilik lahan, kami diminta untuk mengamati daerah sekitar lokasi pada malam hari dimana disamping lahan yang ingin kami sewa, pada malam hari ada penjual makanan lain yang sudah menempati tempat itu puluhan tahun.

Pemilik lahan tidak ingin letak outlet kami mengganggu penjual lain yang sudah mangkal ditempat itu puluhan tahun. Sudah tentu akupun sangat concern dengan hal itu. Sesama pencari nafkah jangan saling menyikutlah.

So, tadi malam kami bersepakat untuk menyewa lokasi tersebut, dan pagi ini aku akan melaporkan ke kantor pusat franchisor. Semoga ….

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

5 responses to “lokasi outlet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: