titian balok kayu

6 februari 2009

10.25am

Membaca cerita mba Puak mengenai titian balok kayu, aku jadi teringat pengalamanku beberapa tahun yang lalu pada saat membantu seorang teman menggarap interior kapal di Surabaya. Gambar di atas adalah kapal tersebut dengan tipe Catamaran sesudah rampung dan siap berlayar.

Kalau yang ini, pada waktu kapal masih di halaman galangan, sedang dalam proses tahap pengecatan, terlihat dua orang pekerja yang sedang berdiri di atas bongkahan beton, tinggi kapal itu sekitar 6 meter. Semua pekerja termasuk aku harus berani berjalan di atas papan kayu yang hanya selebar 20 cm dengan ketinggian sekitar 5 meter untuk mengecek segala sesuatunya karena hanya bagian2 tertentu dari kapal yang boleh diinjak.

Ini sesudah alat bantu tiang dan papan kayu yang menjadi pijakan sudah dilepas karena kapal akan uji coba masuk ke dalam air.

Kapal sudah turun ke air dan yang terlihat hanyalah bagian atasnya saja. Pada tahap ini adalah waktu pengerjaan penyelesaian akhir termasuk interior, dan persis seperti pengalaman mba Puak, untuk mencapai si kapal aku juga harus meniti papan kayu lebar 20 cm sepanjang 3 meter melintas di atas air dengan kemiringan sekitar 30 derajat –hiiiiii ngeri-, karena permukaan kapal lebih rendah sekitar semeter dari permukaan galangan.

Beruntunglah kami selama pengerjaan kapal tersebut hingga penyerahan dan keberangkatan mereka menuju ke Bali, tidak terjadi kecelakaan kerja sama sekali.

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

9 responses to “titian balok kayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: