franchise

2 februari 2009

12.34pm

Baru saja aku meninggalkan dapur sesudah menyelesaikan tugasku menyiapkan hidangan untuk keluarga. Mulai terasa ada waktu kosong yang tidak termanfaatkan dengan baik menyebabkan aku mulai memikirkan untuk memiliki usaha yang bisa kujalani sebagai selingan sembari aku menyelesaikan tugasku sebagai ibu dengan mengurus rumah dan kebutuhan keluargaku.

Sejak dua hari yang lalu aku googling2 untuk mencari informasi usaha apakah yang bisa dicoba dengan modal awal yang aku punya. Ini susahnya, modal yang aku alokasikan tidak besar karena aku bukanlah orang yang berani mengambil resiko terlalu besar. Bagaimanapun tabungan yang aku miliki adalah tabungan seluruh keluarga, termasuk tabungan untuk meneruskan pendidikan anak2 setinggi mungkin.

Di jaman sekarang ini jamannya krisis global, yang aku bisa bayangkan, salah satu peluang usaha yang mungkin masih memiliki konsumen adalah makanan, yang tidak mahal, halal, bisa di beli dengan mudah –semacam drive thru- dan sudah pasti dengan rasa yang nikmat. Aku membayangkan, kebutuhan keluarga ataupun perorangan yang masih mungkin dilakukan dalam suasana krisis ini yaaaa jalan2 kan. Hanya jalan2, bukan berbelanja. Dengan kegiatan selingannya, yaaaa makan, bukan berbelanja.

Bandung adalah salah satu kota yang terkenal sebagai tempatnya untuk mencari makanan, nongkrong dan berbelanja. Bermacam jenis makanan yang sudah dikenal sebagai makanan khas kota ini banyak sekali ditemukan di sepanjang jalan kota Bandung, baik pagi, siang maupun pada malam hari. Banyak tempat2 yang sudah dikenal oleh umum sebagai tempat dengan hidangan yang nikmat. Amatlah tidak mudah untuk memulai usaha dibidang makanan apabila tidak dengan jeli mencari jenis makanan apa yang masih jarang dijumpai dengan rasa yang bisa diterima oleh lidah orang Indonesia.

Sebagai seorang ibu yang menangani sendiri urusan dapur, sebetulnya bukanlah hal yang asing untuk berkutat degan bahan mentah, bumbu, kemudian diproses hingga terhidang di atas meja makan. Itulah juga salah satu factor yang menyebabkan aku ingin mencoba membuka usaha dibidang makanan.

Dari hasil googling2, sesudah aku membaca berbagai artikel, aku menemukan secercah titik terang –opoooo maksude – yang mungkin sesuai dengan apa yang aku inginkan. Aku baru mengetahui bahwa ternyata usaha franchise makanan, wah beragam sekali. Dari mulai modal kecil hingga besar, dari mulai nama yang terkenal hingga yang tidak, dari mulai minuman hingga makanan utama. Wahhhhh, ternyata banyak juga pelung usaha yang tersedia.

Tetapi ada beberapa hal utama yang harus dipertimbangkan untuk memulai usaha ini, selain modal, yang terutama adalah lokasi strategis, sdm dengan keinginan kuat untuk bekerja dan bisa dipercaya, juga ketersediaan bahan baku yang konsisten terutama kualitasnya.

Tulisan di atas adalah hasil pemikiranku sendiri yang sudah tentu bukan berdasarkan pengalaman apalagi pendidikan yang aku dapat –aslinya aku ini tukang bangunan-. Bagaimana, apakah ada yang bersedia membantu dengan memberikan tanggapan?

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

5 responses to “franchise

  • suryaden

    usaha basic social services, dan jasa menjadi pilihan tepat pada saat ini, semoga didukung sekeluarga ya…
    ***
    pastiiii, anak2 dah minta gratis dari makanan yang bakal kujual🙂. suami sudah pasti orang yang pertama kutanya.

  • lescaboma

    2 tahun yg lalu aku juga sempet pengen buka usaha franchise. gagal… kepentok urusan modal :-p
    ***
    iya emang, yang pertama harus tersedia ya modal. syusyah yaaa

  • p u a k

    ide yang bagus sih mbak..hari gini punya usaha baru.
    Dan memang modallah yang terutama..
    aku juga mau mbak..tapi gimana ya..🙄
    ***
    iya niy sedang wara wiri cari2 info. ngga semudah itu punya modal terus jedheer punya kios🙂

  • kejujurancinta

    klu punya modal cukup, dan memang punya bakat di bidangnya, ga ada salahnya dicoba mbak

    moga sukses ya….
    ***
    terima kasiiii, iya nih mba rasanya dah waktunya, karena anak2 dah besar

  • Retie

    bener banget tante😀

    Dulu aku pernah kuliah di manajemen Retail cuma D1 sich salah satu mata kuliahnya ada yg bahas soal franchise.

    Kalo mau memulai usaha memang franchise tuch disarankan. Cuma ya kudu kuat sama modal sich.
    waktu untuk keluarga juga lebih banyak😀
    ***
    waah yang bener nich ret. gimana2 materi kuliahnya? kasi bocoran yaaa. ntar aku kasih voucher buat retie dan suami kalau main ke bandung. ok ok??

Tinggalkan Balasan

