si kaki empat


28 januari 2009

12.11pm

Sudah hampir 2 minggu ini setiap pukul 8.30 pagi aku menyiapkan makanan dua mangkuk untuk peliharaan kami yang pada hari2 sebelumnya aku hanya menyiapkan satu mangkuk saja. Kecintaan kami terhadap makhluk berkaki empat, berbulu dan pandai ini diturunkan dari orang tua kami yang juga terbiasa memelihara anjing.

Di dalam agama Islam anjing adalah najis -dibetulin ma mas Suryaden-, dan sepengetahuanku yang najis adalah air liurnya. Bila hal ini diamati dari jaman pada waktu Nabi Muhammad SAW, bisa dimengerti sekali bahwa anjing dinyatakan najis pada waktu itu. Bagaimana tidak najis, karena mereka kebanyakan adalah binatang liar, yang mengais makanan dari sampah dan kemungkinan besar sudah tentu berpenyakit atau pembawa bibit penyakit –mungkin perbandingannya kalau jaman sekarang ini sebangsanya binatang tikus-.

Tetapi jaman sekarang ini, anjing sudah menjadi binatang peliharaan yang bersih, makan dengan gizi yang baik, diberikan vaksin untuk bermacam penyakit, dimandikan dengan teratur dan mereka bisa dilatih untuk buang air besar maupun kecil pada tempat yang sudah disediakan. Setiap ras anjing memiliki keahliannya masing2 yang dapat membantu kehidupan manusia.

Sudah tentu dimanapun, binatang mempunyai instink keliaran, yang ternyata apabila anjing diperlakukan dengan baik, sifat keliarannya itu tidak akan muncul. Sama saja dengan manusia, apabila diperlakukan dengan kasar maka pada waktu dewasa manusiapun bisa menjadi orang dengan watak yang kasar.

Anjing2 kami, dari ras Golden Retriever dan Basset Hound adalah anjing yang sudah terkenal dengan salah satu sifatnya yaitu bisa menjadi teman bermain anak2 karena amat penyabar. Belum lagi tingkah laku mereka yang lucu dan aneh2. Kami mempunyai anjing sesudah adik berumur 10 tahun, selain karena pada akhirnya aku mempunyai waktu luang untuk mengurus para anjing, juga karena adik sudah cukup tinggi sehingga tidak kalah tinggi apabila anjing dengan ukuran yang cukup besar dalam posisi berdiri.

Seperti terlihat pada foto di atas, kedua anjing kami terlihat sehat, terawat dan bersih kan?


About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

3 responses to “si kaki empat

  • suryaden

    setahu saya najis aja mbak, kalo dagingnya yang diharamkan ya to kekeke…
    juga ada cerita … 4 orang yang ditemani anjing juga itu … ah lupa, yang tidur 300 tahun, anjing yang udah terlatih dan bersih kan juga nggak tidur dan ngendus2 sembarangan…
    dan yang penting juga bisa jagain rumah….
    ***
    untung ada mas suryaden, ketauan deee huehehehe. suwun mas

  • kejujurancinta

    walaupun anjing peliharaan bersih, terawat dan divaksin segala, tp ttp aja ga bisa dihalalkan untuk alasan apapun (buat yg muslim)

    bukan hanya air liurnya saja, tp terkena bulunya pun ga boleh, hrs disama’ dlm islam
    maaf lho mbak bknnya sok pinter atau menggurui
    yg namanya ketentuan agama ga bisa dilanggar
    ***
    hehehe gapapa mbak, kan makin nambah pengetahuanku. terima kasih komennya

  • Muhammadan

    Najis…
    Tidak halal…, harus disama’ ….

    Kenapa juga Allah harus menciptakan mahkluk yang nista seperti itu ?

    Kenapa juga dalam surat Al-Kahfi diceritakan sekelompok orang yang tertidur dalam gua selama 300 tahun ditemani anjing ?

    Kenapa juga Rasulullah Muhammad SAW juga memelihara anjing ?

    Makin banyak orang menuhankan agama dengan pembenaran dalil2… Lupa bahwa yang dipertuhankan seharusnya adalah Allah SWT…

    Buat saya cukup…, Islam adalah rahmatan lil alamien…, rahmat bagi seluruh alam…, termasuk juga anjing yang juga adalah bagian dari alam…

    Salut untuk anda pemilik blog ini yang menjadi pecinta anjing…

    Saya yakin surga terbuka bagi mereka yang mencintai ciptaan Allah SWT…, termasuk juga anjing…

    Dho’if,

    Muhammadan
    ***
    terima kasih komennya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: