suka masak

 2 januari 2009
9.10pm
kakak_ps

Sudah menjadi kebiasaan ibuku mengirim bingkisan ke tetangga terdekat pada hari Raya Lebaran untuk tetangga Muslim dan pada hari Natal untuk tetangga Nasrani. Pada hari Natal yang lalu, aku dan adikku berinisiatif membuat kue Panada ala kami untuk dikirimkan ke tetangga. Sudah tentu ibuku dengan senang hati menyetujui usulan kami tersebut dan dengan mantap mengatakan bahwa beliaulah yang akan membelikan bahan2 bakunya.

Adikku mempunyai keahlian membuat kue Pastel isi ragout ayam lengkap dengan wortel, buncis dan potongan telur rebus. Pada waktu kami masih kecil, ibuku seringkali membuat kue Pastel yang ternyata berlanjut pada adikku. Dia lihai sekali membuat kelabangan pada tepian kulit pastel sehingga tertutup dengan rapi dan kuat.
Berbeda dengan aku, yang terbiasa membuat roti, isi keju atau coklat, atau roti tanpa isi pada saat kami membuat home made burger. Kebiasaan membuat roti ini disebabkan karena aku sering mendapati roti isi keju, tetapi dengan daging roti yang manis! Wah. Pada akhirnya berakibat aku ingin membuat sendiri adonan yang tawar –hanya menggunakan garam sejumput-, tidak manis sehingga dengan isi apapun akan terasa enak.

Pada suatu ketika, kami terpikir untuk memadukan ragout ayam bikinan adikku dengan kulit yang terbuat dari adonan rotiku. Iya memang itu adalah kue Panada, tetapi bukan seperti aslinya karena kue Panada asli berisi ikan.

Maka pada tanggal 24 pagi kami mulai sibuk di dapur dengan tugasnya masing2, adikku membuat ragout ayam, merebus telur dan aku menguleni adonan roti. Kami memulainya di pagi hari karena untuk adonan roti dibutuhkan waktu 2 jam sehingga siap di isi, di bentuk dan kemudian di goreng. Pada siang harinya, segera sesudah kue Panada matang, kami langsung mengirimkan ke beberapa tetangga terdekat. Belum sejam kemudian, tetangga depan rumah menelpon ibuku, tetanggaku tersebut memuji betapa enaknya kue kiriman ibuku. Dan beliau menjawab, ‘iya, memang anak2ku kan suka memasak, itulah salah satu hasinya’.

Haaah semenjak kapan aku dan adikku suka memasak, hehehehe.

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: