bahagia

23 November 23, 2008

10.10pm

Seperti Yang Kau Minta _ Chrisye  

Bahagia, adalah kata idaman yang ingin disebutkan oleh seluruh insan yang hidup di dunia ini untuk mengungkapkan keadaan dirinya.

Di dalam kehidupan ini yang seharusnya kita dapatakan adalah kebahagiaan, perjalanan hidup yang panjang dan berliku dengan seluk beluk kehidupan yang kita lewati, pada akhirnya adalah untuk menemukan kebahagiaan.

Untuk mendapatkan kebahagiaan di dalam dunia ini yang tidak hanya memberikan kenikmatan tetapi juga kesulitan dan persoalan, tidak lain dan sudah tentu bergantung pada diri kita sendiri. Kadar dan keadaan berbahagia pada setiap manusia amat beragam pengartiannya.

Keadaan berbahagia yang paling hakiki hanya bisa ditemukan dari dalam diri kita sendiri. Rasa bahagia hanya bisa diciptakan oleh diri kita sendiri. Ingin merasakan kebahagiaan atau tidak adalah pilihan diri kita sendiri. Merasa sudah menemukan kebahagiaan atau belum adalah juga diri kita sendiri yang bisa merasakannya.

Tetapi apakah faktor dari luar diri sendiri tidak berpengaruh pada keadaan bahagia kita? Sering kita mendengar atau kita sendiri pernah mengatakan, ‘aku tidak bahagia karena kamu ……..’. Benarkan ketidakbahagiaan kita disebabkan oleh faktor diluar diri atau oleh orang lain? Memang lebih mudah untuk mengkambinghitamkan faktor di luar diri kita dari pada mencari dan mengakui bahwa ketidakbahagiaan disebabkan karena diri kita sendiri. Faktor dari luar bisa jadi pemicu untuk menemukan ketidakbahagiaan, tetapi hanya sampai disitulah perannya, karena untuk mengubah ketidakbahagiaan menjadi kebahagiaan hanya diri kita sendirilah yang bisa melakukannya.

Rasa bersyukur dan menerima kehidupan kita seperti yang ada saat ini adalah bentuk dari rasa bahagia, rasa yang bisa diciptakan hanya oleh diri kita sendiri. Keberanian untuk keluar dari sebuah masalah atau situasi yang tidak kita sukai, adalah cara untuk mendapatkan kebahagiaan yang lagi-lagi hanya bisa dilakukan oleh diri kita sendiri.

Kegigihan dan keuletan untuk mempertahankan apa yang menjadi keyakinan kita, adalah juga cara untuk mendapatkan kebahagiaan. Berusaha untuk selalu berpikir positif, menghargai sesama, memahami orang lain, juga akan bisa menimbulkan kebahagiaan.

Sebagai orang tua, tugas kitalah untuk mengenalkan rasa bahagia pada anak2, sehingga mereka mengetahui, bagaimanakah kehidupan yang bahagia, bagaimanakah mendapatkannya dan bagaimanakah mempertahankannya.

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

One response to “bahagia

  • yulism

    Tulisan yang menarik sekali mbak, aku juga sependapat kebahagiaan berasal dari diri kita sendiri. Dan aku yakin bersyukur adalah kunci dari kebahagiaan. Selain itu keseimbangan dalam hidup juga sangat diperlukan. Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: