interaksi

20 November 2008

2.55pm

you send me _ Rod Stewart

JEMBATAN TERJADINYA INTERAKSI

Seseorang menghubungiku melalui telpon dan menyampaikan keinginannya untuk membuat brosur yang akan menjadi salah satu bahan promosi tempat usahanya. Sudah tentu aku menerima dengan senang hati pekerjaan tersebut, karena memang itulah bidang yang aku minati walaupun latar belakang pendidikanku adalah arsitektur.    

·          Sebagai  Penterjemah

Sebagai seseorang yang diberi kepercayaan untuk bisa mewujudkan keinginan pemesan, aku tidak akan bisa menterjemahkan secara maksimal apa yang menjadi keinginannya tanpa diberi penjelasan yang terbuka dan jujur.

Sudah menjadi tugasku untuk menggali sedalam dan sebanyak mungkin informasi mengenai lembaga atau seseorang -klien-, sehingga menjadi jelas gambaran mengenai pemesan.

Langkah kedua adalah kembali menggali apa yang menjadi keinginan, tujuan dan sasaran dari suatu bentukan hasil akhir yang dipesannya tersebut.

Langkah ketiga, lagi2 menggali jadwal penyerahan yang harus aku laksanakan dan juga budget yang tersedia.

Ke tiga langkah awal tersebut adalah langkah terpenting yang wajib dilalui oleh seorang penterjemah keinginan sehingga keinginan dari klien bisa diwujudkan menjadi kenyataan.    

·           Sebagai Pemesan

Sang klien, sudah menjadi tugasnya menceritakan semua yang ingin diketahui oleh penterjemah keinginannya dengan lengkap dan jujur apabila menginginkan si penterjemah bisa memahami dan mengerti dengan baik apa yang menjadi keinginnanya. 

Tidak ada maksud lain dari penterjemah, menanyakan segala hal mengenai tempat usaha atau diri seseorang, selain harapannya hanyalah agar supaya bisa mengenali secara seksama dan lengkap sehingga lebih mudah untuk menterjemahkan apa yang diinginkan dan kemudian bisa menjadikannya suatu bentukan dengan tanpa meninggalkan ciri khas atau aspek2 unik dari klien.

Amat diharapkan kerjasama dari klien dalam bentuk memerikan informasi, data dan bahan yang diperlukan yang berkaitan dengan pesanan. Hal tersebut akan sangat mempermudah proses penterjemahan keinginan sang klien menjadi suatu bentukan yang sudah tentu harus bisa memenuhi keinginan klien tetapi juga tetap dalam koridor kaidah2 penciptaan karya desain yang ada.

·         Hasil Akhir

Kerja sama, keterbukaan dan kejujuran amatlah diperlukan di dalam interaksi antara penterjemah keinginan dengan kliennya.

Karena dengan ke tiga hal tersebut di atas, maka di antara penterjemah dan klien bisa terjadi interkasi dua arah yang akan memudahkan proses penterjemahan dari keinginan klien menjadi wujud bentukan yang sesuai dan tepat seperti keinginan klien.

Selama ini sering terjadi, sebagai penterjemah, aku kesulitan untuk memahami secara tepat apa yang menjadi keinginan klien dikarenakan klien yang tidak bisa mengerti mengapa si penterjemah mempunyai banyak pertanyaan mengenai tempat usaha atau dirinya, meminta bahan dan data pendukung untuk mewujudkan keinginannya, dan tidak dengan terbuka dan jujur menceritakan segala sesuatunya yang sebenarnya adalah informasi yang amat diperlukan oleh penterjemah keinginan untuk memahami diri klien dan kemudian bisa menterjemahkan keinginan klien tersebut menjadi suatu bentukan yang tepat dan sesuai dengan keinginan klien.

Dengan kurangnya informasi yang aku dapatkan, bentukan sebagai hasil akhir dari proses panjang pengenalan klien sekaligus keinginannya tersebut sering tidak sesuai dengan harapan atau yang terjadi adalah bentukan tersebut terlihat hambar, tidak bisa mencerminkan atau menampilkan siapakah sang klien yang menjadi pencetus gagasan awal dari wujud bentukan yang terjadi.

Penterjemah dan klien pada tahap ini memiliki peran yang setara dan sama pentingnya untuk bisa menjembatani keinginan klien yang kemudian menjadi tugas penterjemah mewujudkannya menjadi suatu bentukan yang tepat dan sesuai dengan keinginan klien.

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

One response to “interaksi

  • yulism

    Selama ini saya juga sering bantu-bantu suami dengan membuat flyer ataupun promosi melalau email dengan constant contact. Padahal saya juga tidak memiliki ilmu sama sekali untuk hal tersebut. Setiap kali hasil flyer saya print, saya lumayan kagum juga dengan hasilnya. Oh ya mbak aku juga suka banget dengan scapbooking. Tapi belum secanggih anda. Seneng sekali bisa kenal dengan anda. thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: