lebih pandaikah

17 Maret 2008

9.25pm

‘Wanted Dead or Alive’ _ Bon Jovi

Menarik sekali tayangan di Star World kali ini. Acaranya semacam kuiz, ‘Are You Smarter Than A 5th Grader’. Si ‘Guest’ diberi pertanyaan2 yang diajarkan di kelas 1 sampai dengan kelas 5. Sudah tentu kalau bisa menjawab akan mendapatkan imbalan uang. Yang menarik adalah ternyata kebanyakan ‘Guest’ tidak dengan yakin menjawab, yang artinya mereka ada yang tidak tahu, lupa atau merasa pernah tahu tapi tidak yakin.  

Contoh pertanyaannya, ‘Akhir musim panas jatuh pada bulan apa?’ Itu adalah pelajaran science untuk kelas 1. Sepertinya pertanyaan itu sederhana sekali. Ternyata tidak mudah menjawabnya, si ‘Guest’ ragu antara bulan Agustus atau September, dan akhirnya merasa yakin bahwa jawabannya adalah bulan Agustus. Dalam permainan ini, mereka didampingi murid kelas 5 yang boleh dijadikan pendamping untuk menjawab seandainya mereka ragu. Si anak kelas 5 itu memberikan jawaban bulan September dan sesudah berpikir dan terlihat kebingungan akhirnya si ‘Guest’  mengikuti apa kata si anak. Untunglah dia memutuskan untuk mengikuti apa jawaban si anak, karena jawaban yang benar adalah bulan September.

Contoh pertanyaan yang lain, untuk 2nd grader pelajaran astronomi, ‘Planet apa yang paling terang pada malam hari?’ Si ‘Guest’ sama sekali tidak yakin dengan jawabanya. Dia ragu antara planet Mars atau Venus. Ada yang bisa menjawab? Silahkan coba menjawab dengan mengisi comment dibawah.  

Yang juga menarik adalah komentar anak kami, ‘Waaaah waktu kelas itu kita belum diajari itu lo ma’. Ya sudah pasti, dari acara itu jelas terlihat banyak sekali perbedaan apa yang diajarkan di Amerika dan apa yang diajarkan di Indonesia. O ya, bandingannya adalah sekolah negeri. Semoga saja alasannya adalah karena menyesuaikan dengan masing2 negara, bukan karena pendidikan di Indonesia masih tertinggal jauh di bandingkan dengan negara lainnya. 

Ada 10 pertanyaan yang diajukan untuk mendapatkan $1.000.000. Bukan hanya pertanyaan2 atau reaksi dari para ‘Guest’ yang sering terlihat kebingungan yang membuat kami ingin melihat acara ini, tetapi juga adalah hadiahnya. Sebanyak itu, woow, apakah para ‘Guest’ ada yang bisa mendapatkannya?. 

Kalau pada akhirnya ‘Guest’ tidak bisa menjawab pertanyaan, maka mereka akan diminta untuk menghadap ke kamera dan mengatakan ‘I’m not smarter than a 5th grader’.

Ada kemungkinan sebentar lagi PH di Indonesia akan mengikuti membuat acara semacam itu. Atau sudah??

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: