seimbang

   

 jalanan rindang di kota Malang

Seiring dengan bertambahnya umur, sepertinya seharusnya seiring juga dengan bertambahnya  kebijaksanaan, kepekaan terhadap situasi dan kebutuhan sesama.  Seiring dengan kesadaran bahwa hidup bersama membutuhkan toleransi yang tinggi.

Bukan pengorbanan yang diperlukan tetapi perjuangan, perjuangan untuk dapat memahami sesama, untuk membagi waktu dan ruang pada sesama dan menyadari bahwa hidup ini adalah untuk belajar.

 Kata pengorbanan mengandung sifat terpaksa. Bukan maksudnya manusia hidup dalam situasi dan kondisi yang terpaksa. Sudah bukan jamannya saling menjajah, saling memaksakan kehendak. Hiduplah bersama dengan sesama yang sama2 bisa menerima keberadaan masing2.   

10.30am

‘Give Me The Night’ _ Smoma

Dibutuhkan keberanian untuk secara jujur mengevaluasi jalan hidup yang sudah dipilih. Kadang terpikir, bukannya jalan hidup sudah ditentukan, sudah digariskan? Tetapi jika dengan jujur mengingat kembali kejadian2 yang sudah lewat, ada pilihan jalan dan diri sendiri atau atas dorongan dari luar lah yang menentukan jalan mana yang dipilih. Iya sudah pasti semua jalan yang tersedia include sisi positif dan negatifnya.

Tidak ada yang 100% only the good side, kita masih hidup di dunia ini yang terbagi menjadi dua sisi. Terang gelap, atas bawah, yin yang, feminine maskulin, dll.

Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menyeimbangkan kedua sisi itu sehingga hidup di dunia ini bisa terlewati dengan situasi dan kondisi yang tenang, aman dan nyaman.

That’s the hardest part.

Segala sesuatu yang seimbang adalah yang terbaik. Keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan badaniah dan rohaniah, keseimbangan antara penggunaan kata hati dan perhitungan pikiran, keseimbangan antara pemanfaatan alam dan pelestarian alam. Menyeimbangkan segala sesuatunya juga adalah proses belajar yang tidak mudah.

About ami

kami ingin berbagi cerita kehidupan, gagasan dan peluang berkarya. terima kasih kepada yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membuka halaman blog kami. salam Lihat semua pos milik ami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: